Selasa, 11 Maret 2014

Pengertian Alur Beserta Contoh Dalam Novel


Pengertian Alur
Alur adalah arah dari rangkaian pristiwa dalam karya sastra untuk mencapai efek tertentu, alur juga bisa disebut dengan nama plot atau jalan cerita. Dengan kata lain,alur adalah rangkaian pristiwa yang tersusun berdasarkan hukum sebab akibat (kausalitas).
        Pristiwa dalam cerita terhubung satu sama lain. Unsur pembentukan novel selain alur adalah konflik. Konflik adalah ketegangan antara dua unsur dalam alur cerita yang mengharuskan salah satunya berakhir dalam sebuah novel.
Alur cerita dibagi menjadi beberapa tahap sebagai berikut:
1.  Perkenalan merupakan paparan awal cerita. dimana pengarang mulai memperkenalkan tempat kejadian,waltu topik dan tokoh-tokoh.
2.  Konflik, bagian dari cerita ketika pelaku sudah mulai merasakan adanya suatu masalah.
3.  Penanjakan, bagian cerita yang menunjukan adanya konflik mulai bertambah menuju puncak konflik.
4.  Klimaks, bagian cerita yang melukiskan permasalahan berada pada titik paling puncak.
5.  Ketegangan menurun, pada tahap ini konflik menurun. Emosi yang memuncak sudah berkurang.
6.  Peleraian, pada bagian ini penyelesaian dapat didapatkan oleh pengarang, dapat juga menggantung dengan tujuan pembaca dapat menafsirkan sendiri penyelesaian cerita.



Menurut jenisnya alur dapat dibedakan menjadi 3,yaitu :
1.  Alur maju
2.  Alur mundur
3.  Alur campuran
·      Alur maju (progresif), adalah sebuah alur  yang menceritakan dari masalalu ke masa sekarang dan kemasa yang akan datang. Contoh:
Anugrah
Saya terlahir di keluarga yang  miskin,nama saya kelvin ayah saya sudah meninggal sejak saya masih dalam kandungan. Ibu saya merawat saya sendirian dengan bekerja sebagai tukang cuci. Kadang saya merasa kasihan dengan ibu,karena dia bekerja keras demi menafkahi saya. Saya bersyuku mempunyai ibu yang sebaik dan semulia itu. Saya betekad untuk menjadi orang pintar dan bisa membahagiakan ibu.
Saya memang tidak dapat bersekolah,tapi usaha belajar saya sangat kuat. Saya selalu mengintip kelas-kelas yang sedang belajar,dan mendengarkan penjelasan dari guru yang sedang mengajar dikelas tersebut. Entah anugrah apa yang tuhan berikan kepada saya,tiba-tiba saat saya mengintip kelas tersebut saya ditegur oleh seorang guru,dan ia menawarkan saya untuk bersekolah disini dengan gratis.
Terima kasih tuhan engkau telah memberikan anugrah yang sangat besar kepada saya. Walau pun saya sekolah dengan gratis alhamdulillah saat ini saya sudah bekerja disebuah perusahaan ternama di surabaya. Harapan saya untuk membahagiakan ibu sudah tercapai,saya sangat bersyukur atar anugrah yang telah tuhan berikan kepada saya. Terima kasih tuhan.
·      Alur mundur (flash back), adalah alur yang diceritakan dari masa sekarang menuju ke masa lalu.contoh:
Pernikhan Membawa Rejeki
Perkenalkan namaku Sinta aku seorang karyawan yang bekerja di perusahaan SURATA,saya sudah menikah sejak tahun 2010 dengan seorang Arsitektu. Sejak saya menikah alhamdulillah hidup saya semakin membaik,dan rejeki dari tuhan pun terus mengalir dalam rumah tangga kami. Dan sejak saya menikah saya merasa tidak sendrian lagi
Dulu sebelum saya menikah saya hanya OB di perusahan tersebut. Dan ibu saya telah meninggal,saya hanya hidup sendirian sejak ibu saya meninggal. Memang saat-saat seperti itulah saya merasa sendirian di dunia ini. Tidak ada satu pun orang yang memperdulikan saya. Setiap malam saya merenung dikamar menghitungi bintang dan membayangkan mimik wajah ibu saya,berharap akan melihatnya kembali.
·      Alur campuran, merupakan alur yang menceritakan dari masa sekarang kembali lagi ke masa lalu,kemudian ke masa yang akan datang.contoh :
Siapa aku
Aku tinggal sendirian,saat ini orang memanggilku dengan dua sebutan ada yang memanggilku ayu dan ada juga yang memanggilku rahayu. Aku bingung sebenarnya siapa diriku,jujur aku tidak ingat siapa aku,dari mana aku,dan siapa keluargaku. Satu minggu aku disini aku tinggal bersama bi atun,dan aku tidak mengenal siapa bi atun itu.
Kata bi atun aku di temukan di mobil yang mengalami kecelakaan,dan kepalaku terkena benturan yang kuat. Tetapi anehnya aku tidak ingat sama sekali kejadian itu. Bi atun mengetahui namaku dari sebuah plat mobil yang ku gunakan saat itu.
Tidak lama kemudian saat aku sedang berkeliling dipasar aku di sapa oleh seseorang lelaki yang tidak aku kenal. Dia memanggilku dengan sebutan sayang dan memelukku. Aku bingung siapa dia,beraninya dia memelukku. Aku pun berlari menuju rumah bi atun dan dia mengejarku.
Sampai di rumah bi atun lelaki itu bercerita masa laluku “dulu ayu ini adalah serang model yang terkenal, dia sangat dihormati oleh semua masyarakat karena masyarakat mengetahui bahwa ayu adalah model yang sangat baik,dan dermawan. Ia sering membantu orang-orang yang sedang kesusahan dan dia pun tidak pernah memilih milih teman. Pada hari itu ayu berpamitan kepada ibunya untuk pergike perdesaan. Tetapi setelah itu dia tidak pernah memberi kabar lagi kepada ibunya. Ibunya sangat khwatir karena itu saya sebagi pacarnya saya ingin mencari ayu,dan tidak sengaja tadi saat di pasar saya melihat sosok ayu,karena itu saya mengikutinya bu”
Laki-laki itu berkata padaku “yu pulanglah ibumu rindu dan sangat mengkhatirkanmu. Ingat yu kita akan menikah satu tahun lagi,kita akan hidup bersama dan mempunyai anak yang banyak. Aku sangat sayang kepadamu yu. Aku yakin kamu akan ingat seperti semula. Yu masa depan kita sangat indah,aku akan membahagiakanmu. Kamu ingat cita-cita kita yu,kita ingin saat kita nanti menjadi kakek nenek kita membawa cucu dan anak kita untuk bermain film bersama. Aku sangat menginginkan hal itu terjadi kelak,aku yakin ingatanmu akan kembali yu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar